Olah Nafas

10 Jun

Olah batin menggunakan sistem nafas banyak dipraktekkan bagi teman-teman pelaku kebatinan. Cara mengolah nafasnya adalah dengan menata nafas masuk dan keluar, sedangkan jenis olah nafas ini bisa dibagi beberapa macam, namun intinya adalah nafas yang keluar masuk ini harusnya seimbang seperti nafas masuk halus..panjang…keluar pun halus..panjang dan tanpa tersengal..tanpa hentakan…tanpa suara. Olah nafas inilah yang paling sulit dan butuh latihan tidak singkat. Kesabaran menjadi kunci utama. Nah..ketika olah nafas ini berhasil dilakukan….hal yang dirasakan adalah sensasi relaks yang luar biasa, dan seringkali diikuti dengan pengalaman spiritual yang luar biasa. Puncak dari olah nafas ini adalah bertemunya “badan wadag” dan “badan halus”. Dalam dunia kebatinan, tataran disini dianggap sudah luar biasa. Tataran yang lebih tinggi adalah bertemunya “pelaku” dengan “guru sejati” dsb. Dan pada akhirnya pelaku ini akan memiliki kelebihan seperti bisa melihat masa depan (kemampuan ghaib lainnya).

Nah, tidak ada yang salah dalam olah nafas ini, akan tetapi jangan berhenti diwilayah kesaktian itu, melainkan “niat” awal yang harus diluruskan agar tidak terjebak dalam wilayah ini. Jangan berhenti disini, melainkan lewati saja, luruskan tujuan untuk ke ALLAH. Kesadaran tertinggi adalah ALLAH…sadari ini dan tetaplah sadar. Olah nafas yang benar tidaklah keluar dari arena kesadaran melainkan sadar penuh sehingga bisa mengerti dan memahami kondisi ataupun suasana yang ada.

Jika Anda berada di wilayah “kesaktian” atau wilayah fenomena itu, maka anda akan tergelincir, akan tetapi jika anda mampu melampau wilayah fenomena itu, maka anda akan bisa memahami suasana yang sesungguhnya. Tks.

 

Leave a comment